5 Motif Batik Khusus Dhaup Ageng Berserta Maknanya

Pangesti PNG

sumber gambar kompas.id

Dhaup Ageng adalah istilah dalam budaya Jawa yang merujuk pada upacara atau acara adat yang sangat penting dan dianggap sakral. Istilah ini biasanya digunakan dalam konteks pernikahan di Jawa, khususnya dalam tradisi Yogyakarta.

Tradisi ini terus dijaga dan dirayakan sebagai bagian penting dari warisan budaya yang berharga di Indonesia. Seperti bulan Januari 2024 adanya acara dhaup ageng Pakualaman, Yogyakarta.

Dalam acara dhaup ageng. baik pihak keluarga mempelai atau tamu undangan biasanya menggunakan pakaian tradisional batik. Nah, berikut ini adalah macam-macam batik khusus dhaup ageng.

5 Motif Batik Khusus Dhaup Ageng

Batik khusus untuk acara Dhaup Ageng dalam tradisi pernikahan Jawa memiliki makna dan desain yang khusus sesuai dengan kesakralan dan kemegahan acara tersebut.

Batik yang dipilih untuk Dhaup Ageng biasanya memiliki motif-motif yang melambangkan keberkahan, keharmonisan, serta kemewahan yang sesuai dengan nuansa adat Jawa yang sakral. Berikut adalah 5 Motif Batik Khusus Dhaup Ageng :

1.Motif Batik Indra Widagda

Motif ini terinspirasi dari bathara Indra, dan kata Widagda berarti pandai. Motif ini memiliki makna dengan harapan mempelai dapat membina rumah tangga yang harmonis. Motif batik indra widagda digunakan saat prosesi siraman.

2.Motif Parang Indra Widagda

Motif ini perpaduan dari batik Indra Widagda dengan batik parang. Motif ini memiliki makna dengan harapan pengantin bisa memegang teguh keteladanan bathara Indra.

3.Motif Indra Widagda Wariga Adi

Kain ini cukup lebar dan panjang untuk busana pengantin paes ageng. Di dalamnya terdapat motif kain semen kidang. Motif ini mengandung harapan agar ajaran orang tua atau sesepuh dijadikan pegangan hidup.

4.Motif Batik Indra Widagda Jatmika

Motif ini perpaduan dari batik Indra Widagda dengan motif batik nitik. Menurut orang Jawa makna kata jatmika berarti ketenangan hati. Dengan harapan mempelai mendapatkan ketenangan dalam rumah tangga.

Motif batik indra widagda Jatmika juga digunakan saat prosesi siraman.

5.Motif Indra Widagda Dipta Senanta

Motif Indra Widagda Dipta Senanta digunakan oleh keluarga mempelai atau kerabat Pakualaman. Batik ini digunakan khusus untuk acara adat dhaup ageng.

Arti kata Dipta adalah pelita sedangkan Senata adalah saudara, motif ini mengandung harapan agar saudara menjadi cahaya bagi mempelai atau keluarga Pakualaman.

Pemilihan batik khusus untuk acara Dhaup Ageng memang memerlukan perhatian khusus agar sesuai dengan nuansa dan nilai-nilai tradisi Jawa yang diselenggarakan.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki pakaian motif batik? Yuk, kunjungi katalog Prabuseno dan miliki koleksi batik terbarunya!

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment