Mengenal Sejarah Motif Batik Sindu Melati Khas Klaten

Pangesti PNG

Klaten merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Klaten berada di antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Solo. Kota Klaten memiliki 3 kecamatan yaitu Klaten Utara, Tengah dan Selatan.

Walaupun berdekatan dengan kota Yogyakarta dan Solo, Klaten memiliki komoditas batik dengan motif yang khas dan berbeda dari kota lain, yaitu motif Batik Sindu Melati.

Saking khas dan istimewanya Batik Sindu Melati, yang pertama kali muncul pada tahun 2019 dan pada tahun 2020 Motif Batik Sindu Melati menjadi seragam ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kota Klaten.

Sejarah Motif Batik Sindu Melati

Penamaan Batik Sindu Melati tak lepas dari ciri khas Kabupaten Klaten yang memiliki banyak umbul (sumber air). Selain sebagai sumber air sehari-hari, umbul juga dimanfaatkan sebagai sumber irigasi pertanian.

Dengan banyak umbul di Klaten, pemerintah kabupaten Klaten membuat Motif Sindu Melati. Dalam bahasa Sansekerta Sindu berarti air, sedangkan kata Melati di ambil dari tokoh kiai di Klaten bernama “Kiai Melati.”

Selain itu kata “Melati” juga dikaitkan dengan program kota Klaten yang diberi nama “Bunga Sejuta Warna.”

Batik Sebagai Seragam Kerja ASN Klaten

Penggunaan batik sebagai seragam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Klaten adalah keputusan yang menarik dan memiliki nilai-nilai budaya yang kuat. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai estetika, dan sejarah.

Dengan menerapkan batik sebagai seragam kerja, ASN di Klaten dapat mempromosikan identitas budaya lokal serta mendukung industri batik di daerah tersebut.

Hal ini dapat menjadi dorongan bagi pengrajin batik lokal dan menciptakan dampak ekonomi positif.

Secara keseluruhan, penggunaan batik sebagai seragam kerja ASN di Klaten adalah langkah yang menggabungkan nilai-nilai budaya, ekonomi lokal, dan identitas daerah, sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi upaya pelestarian dan pemanfaatan warisan budaya dalam konteks modern.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki pakaian kerja motif batik? Yuk, kunjungi katalog Prabuseno dan miliki koleksi batik terbarunya!

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment